Penyaluran Hewan Qurban Difokuskan ke PA dan AK

foto dimyati/gomong.com. Ketua Bazisda Lotim TGH Nasrullah.

SELONG, GOMONG.COM – Pendistribusian hewan qurban oleh Badan Amil Zakat Infak dan Sadaqah Daerah (Bazisda) Lombok Timur (Lotim) pada musim Lebaran Qurban (Idul Adha) tahun ini, lebih difokuskan kke Paniti Asuhan (PA) dan Asuhan Keluarga (AK).

“Pendistribusian kita fokuskan ke PA dan AK, karena selama ini belum tersentuh,” ungkap Ketua Bazisda Kabupaten Lombok Timur TGH Nasrullah, kepada wartawan di Selong, Selasa (1/11).

Disebutkan Nasrullah, jumlah hewan qurban yang akan disalurkan ke masyarakat atau lembaga sosial tahun ini mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan menurunnya jumlah penyumbang.

“Tahun ini 250 ekor kambing yang terkumpul,” katanya. Kalau tahun sebelumnya, menurut dia, dana qurban yang disalurkan mencapai Rp 2,1 miliar.

“BUMN dan perusahaan belum ada yang berpartisipasi dalam memberikan sumbangan untuk hewan qurban. Padahal nasabah terbesarnya adalah masyarakat Lombok Timur,” tandasnya.

Mekanisme penyaluran hewan qurban itu, masing-masing PA dan AK mengajukan proposal. Selanjutnya disalurkan sesuai kebutuhan. (dim/won)