Lotim Tak Terpengaruh Perubahan UU Pemilukada

SELONG, GOMONG.COM – KPU Kabupaten Lombok Timur hingga saat ini tetap merujuk pada aturan lama terkait  pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pemilukada) kabupaten atau provinsi yang akan digelar 2013 mendatang. “Kita tak ingin berandai-andai dengan peraturan baru yang belum disahkan. Untuk pelaksanaan pemilukada provinsi dan kabupaten di Lotim, kita masih gunakan aturan yang lama, karena aturan baru belum ada pengesahan,” ungkap Ketua KPU Lombok Timur Khairul Anwar, kepada wartawan, Senin (14/5).
Apakah pemilihan tersebut nantinya masih menggunakan aturan lama atau akan dilakukan oleh DPRD, pihaknya masih tetap bekerja dengan berpedoman pada tahapan dan aturan lama. Tetapi ketika ada aturan baru yang disahkan, misalnya pemilihan dilakukan oleh DPRD, maka opsi pelaksanaan sudah disiapkan juga. Pihaknya juga mempersiapkan masalah persyaratan bagi calon independen.
Apalagi pelaksanaan pemilukada Lotim bersamaan dengan Pemilukada NTB. “Yang akan membedakan aturan baru dengan lama, hanya masalah biaya penyelenggaraan,” sebutnya.
Sebelumnya, dengan aturan lama, pembiayaan Pemilukada Lotim dengan provinsi ditanggulangi bersama dan hal ini sangat menguntungkan Lotim, terjadi pengiritan dan penghematan anggaran. “Kalau digelar bersama akan terjadi penghematan anggaran hingga mencapai 25 persen,” jelasnya.
Meski demikian, kalaupun UU baru sudah disahkan, Lotim telah siap untuk menyelenggarakan sendiri, karena pemerintah kabupaten telah siapkan anggaran 100 persen, termasuk menyiapkan opsi penyelanggaraannya. “Kalau nantinya Pemilukada masih menggunakan aturan lama, maka komunikasi pemkab dengan pemprov adalah pelaksanaannya seperti sebelumnya, terutama terkait penghematan anggaran,” tandasnya.
Dikatakan Anwar, persiapan yang telah dilakukan menjelang Pemilukada 2013 sudah memasuki tahapan persiapan regulasi pembentukan PPK dan PPS, serta persyaratan calon independen. “Kita juga akan melakukan koordinasi dengan pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil terkait Daftar Penduduk Potensial Pemilih. Kita optimis DP4 sekarang ini lebih bagus dari tahun sebelumnya,” ujarnya.(dim/won)